Tingkatkan Ekonomi Kreatif Melalui Penguatan Sistem Inovasi Daerah

0
Bupati Tuban ketika mengukuhkan tim koordinasi dan pokja SIDa.

halopantura.com Tuban – Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengukuhkan tim koordinasi dan pokja penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa). Dengan harapan mampu menguatkan sistem dan inovasi program-program dari Pemkab Tuban, Selasa, (21/11/2017).

Pengukuhan itu mengangkat tema Roadmap tahun 2016-2021 (Pengembangan Potensi Bahari yang didukung Agro dan Ekonomi Kreatif), dilaksanakan di gedung Korpri Pendopo Krido Manunggal Tuban. Turut hadir dalam acara ini itu Wakil Bupati Tuban, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Pimpinan OPD, dan beberapa undangan terkait lainnya.

Bupati Tuban dalam sambutannya mengatakan keberhasilan implementasi penguatan SIDa ditentukan dengan salah satu kolaborasi komponen penggerak SIDa. Diantaranya pemerintah, dunia usaha, akademisi, serta masyarakat.

“Saya berharap seluruh OPD Tuban menerapkan langkah-langkah inovatif dalam menyelenggarakan pembangunan. Serta meningkatkan dan mengembangkan jaringan kemitraan kerjasama dengan instansi vertikal dan pihak-pihak lainnya,” ungkap Bupati Tuban.

Lebih lanjut, Bupati menghimbau agar pengelolaan seluruh potensi bahari yang ada di Tuban untuk dapat dipadukan dengan kekuatan potensi keunggulan di bidang pertanian dan industri. Sehingga inovasi tersebut dapat dikemas dalam sebuah model yang harmoni dan multi oleh pemangku SIDa Kabupaten Tuban.

“Selain itu, sejak berdirinya Kabupaten Tuban 724 tahun yang lalu, jejak-jejak sejarah bahari di Tuban sudah banyak dijumpai bukti peradabannya sebagai perwujudan kuatnya daya saing daerah pada saat itu,” ungkap Bupati.

Bupati Tuban menegaskan, tantangan pembangunan Kabupaten Tuban ke depan semakin besar dan kompleks seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan pasar dan tuntutan kesejahteraan masyarakat.

“Berbagai kajian telah menunjukkan bahwa penguatan sistem inovasi mampu mendorong dan meningkatkan kinerja,” tegas Bupati Tuban.

Sementara itu, tim Koordinasi dan Pokja Penguatan Sistem Inovasi Daerah Tuban, terdiri dari Sekda, Asisten, Kepala OPD terkait, Perusahaan serta Perbankan di Kabupaten Tuban. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan