Tingkatkan Penghasilan, Nelayan Tuban Terima Bantuan 12 Kapal

0
Bupati Tuban (tengah) didampingi M Amenan ketika menyerahkan secara simbolis bantuan buat nelayan di Pendopo Kridho Manunggal Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban menyalurkan bantuan sebanyak 12 unit perahu penangkap ikan beserta mesin kapal dan jaring kepada nelayan. Termasuk menyerahkan mesin berkapasitas 23 PK sebanyak 34 paket buat para nelayan yang ada di Bumi Wali Tuban.

Penyerahan bantuan kapal 3 GT itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tuban H. Fathul Huda dengan didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Dr. Ir. M Amenan, MT di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Rabu, (15/4/2020). Kegiatan tersebut menerapkan physical distancing guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Saya mengapresiasi kinerja Dinas Perikanan dan Peternakan atas kepeduliannya kepada nelayan,” ungkap Bupati Tuban dihadapan perwakilan kelompok nelayan Tuban.

Menurutnya, bantuan yang diberikan buat nelayan ini bersumber dari dana hibah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tuban 2020. Semoga dengan bantuan ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan dan sekaligus meningkatkan produksi tangkap ikannya.

“Mudah-mudah hibah ini barokah, dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” jelas Bupati dua periode itu.

Bupati menyampaikan nasib pendapatan nelayan di Tuban ini belum begitu bagus dibanding dengan nelayan di luar Tuban seperti Banyuwangi. Sehingga pemerintah butuh masukan dari para nelayan guna menentukan program yang lebih baik dan tepat sasaran.

“Saya minta diberikan masukan dan kami akan selalu merespon masukan dari para nelayan,” tegas Bupati Tuban.

Sementara itu, Dr. Ir. M Amenan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Tuban menjelaskan, sebanyak 12 kapal berbobot 3 GT dan mesin berkapasitas 23 PK sebanyak 34 unit ini diberikan kepada sejumlah nelayan yang kurang mampu. Bantuan ini merupakan dana hibah yang berasal dari APBD Tuban pada triwulan pertama di tahun 2020.

“Bantuan ini diharapkan untuk meningkatkan penghasilan para nelayan,” ungkap Amenan.

Bantuan hibah 12 kapal ini disalurkan ke sejumlah kelompok nelayan. Diantaranya, 3 kelompok nelayan di Desa Bulujowo, Kecamatan Bancar, Tuban.

Kemudian disalurkan buat satu kelompok nelayan di Desa Karangagung Kecamatan Palang, satu kelompok di Desa Glodog Kecamatan Palang, dan satu kelompok di Desa Palang, Kecamatan Palang, Tuban.

Selanjutnya, hibah mesin 23 PK sebanyak 34 unit ini diberikan kepada nelayan yang tergabung KUB Mina Sentosa Desa Glodog, Kecamatan Palang sebanyak 10 paket. KUB Sumber Rezeki Desa Tambakboyo menerima 14 paket, dan KUB Makaryo Desa Bancar 10 paket.

“Kita juga menyerahkan 100 paket sembako buat nelayan, dan kita akan terus bergerak untuk memberikan bantuan buat nelayan yang terdampak Pandemi Covid-19,” pungkasnya. (rohman)

Tinggalkan Balasan