Tren Covid-19 di Tuban Melonjak, PDP Tambah 6 Orang, Positif Jadi 19 Kasus

0
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, ketika melakukan rapid test. (rohman)

halopantura.com Tuban – Tren peta persebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban belum begitu menggembirakan dan terlihat terus mengalami peningkatan. Mulai dari jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah menjadi 52 orang dan kasus positif terpapar virus corona juga kembali bertambah.

Saat ini jumlah angka kumulatif kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Tuban telah mencapai 19 orang, Selasa (19/5/2020) pukul 18.00 Wib. Jumlah itu meningkat satu orang dibandingkan pada hari sebelumnya.

“Hari ini bertambah satu orang positif Covid-19 dari hasil tes swab yang dikeluarkan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati.

Ia menjelaskan, penambahan satu kasus terkonfirmasi positif itu masuk dalam cluster Tambakboyo. Ia adalah seorang perempuan berusia 38 tahun asal Tambakboyo.

“Total saat ini ada 8 pasien confirm positif dari cluster Tambakboyo. Sehingga total angka kumulatif kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Tuban ada 19 orang,” terang Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban itu.

Ia menambahkan, dalam cluster Tambakboyo itu ada sepuluh orang yang diambil sampel swab dan dikirimkan ke BBTKLPP Surabaya. Hasilnya sudah keluar untuk sembilan orang yaitu delapan orang positif dan satu orang negatif.

“Satu orang masih menunggu hasil tes swab dalam cluster tersebut,” jelas Endah panggilan akrab Sekretaris Dinkes Tuban.

Meskipun ada penambahan, Endah menerangkan saat ini ada satu pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh atau negatif. Ia adalah pasien perempuan berusia 28 tahun asal Kecamatan Montong.

“Pasien itu dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 8 Mei 2020, dan kini sudah sembuh atau negatif,” terang Endah.

Dengan demikian, jumlah sembuh atau negatif ada 3 orang dari total terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 19 orang. Lalu ada 2 orang meninggal dunia dan 14 orang dalam perawatan.

“Pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia berasal dari Kecamatan Semanding dan Parengan,” jelas Sekretaris Dinkes Tuban.

Kemudian saat ini total angka kumulatif PDP tentang Covid-19 di Tuban telah mencapai 52 orang. Jumlah tersebut ada penambahan 6 orang.

Enam orang berstatus PDP itu adalah perempuan 64 tahun asal Kecamatan Grabagan, laki-laki berusia 39 tahun asal Kecamatan Rengel, perempuan 68 tahun asal Kecamatan Palang, perempuan 22 tahun dan 27 tahun asal Kecamatan Plumpang. Lalu ada seorang laki-laki berusia 76 tahun asal Tambakboyo.

“Satu orang berstatus PDP telah meninggal dunia yakni seorang laki-laki usia 76 tahun asal Kecamatan Tambakboyo. Untuk hasil rapid test terhadap enam orang ini adalah reaktif,” ungkap Endah.

Dari jumlah PDP tersebut, ada satu pasien yang telah sembuh dan diperbolehkan pulang setelah menjalani perawatan medis di ruang sakit. Dia adalah perempuan asal Kecamatan Palang.

“Total PDP yang meninggal kini ada 10 orang dari 52 kasus. Kemudian tercatat 17 orang sesembuh, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 25 orang,” pungkasnya. (rohman)

Tinggalkan Balasan