Truk Gandeng Bermuatan 35 Ton Gula Merah Terbakar di Jalur Pantura 

0
Petugas dan mobil pemadam kebakaran menjinakan kobaran api. (rohman)

halopantura.com Tuban – Sebuah truk gandeng bermuatan gula merah sebanyak 35 ton terbakar di Jalur Pantuta Tuban, tepatnya di Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban, Rabu, (26/7/2017), sekitar pukul 13.00 Wib.

Untuk memadamkan kobaran api, satu mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Tuban dikerahkan di lokasi kejadian. Dan beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, baik luka atau meninggal dunia.

“Kerugian materi aja, dan korban jiwa nihil,” jelas IPDA Asik, Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Tuban.

Kebakaran yang sempat menjadi tontonan warga bermula saat truk gandeng bernopol P 8509 UY yang dikemudikan Anang Efendi (32), warga Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi. Truk gandeng tersebut berjalan dari arah Surabaya menuju ke Jakarta untuk mengirim gula merah itu.

Ditengah perjalanan, tepatnya berada dilokasi kejadian, penutup atau terpal di bak belakang truk keluar api. Mengetahui ada kepulan asap dari belakang, pengemudi truk langsung menepi di kiri jalan.

Api terus membesar dan menghabiskan terpal yang menutupi bak truk pertama. Serta menghanguskan bahan-bahan yang mudah terbakar di dalam truk itu.

“Tiba-tiba muncul api yang berasal di terpal. Saya langsung berhenti dan menepi,” kata Anang Efendi, sopir truk dilokasi kejadian.

Setelah menepi, sopir dibantu dengan warga sempat berusaha memadamkan kobaran api dengan menggunakan air PDAM. Hingga akhirnya, api berhasil dipadamkan dengan bantuan satu mobil pemadam kebakaran.

“Saya dibantu warga sempat memadamkan api, sebelum mobil pemadam kebekaran datang,” jelas Anang Efendi.

Anang Efendi, mengaku belum tahu secara pasti penyebab kebakaran itu. Karena secara tiba-tiba api sudah membesar di bagian terpal bak truk pertama.

“Mungkin terpal kepanasan dan terbakar, atau mungkin ada seseorang yang membuang puntung rokok diatas terpal truk. Yang jelas tidak disebabkan konsleting mesin,” terang Efendi.

Sementara itu, anggota satlantas Polres Tuban juga turun dilokasi kejadian untuk mengatur arus lalu lintas. Serta memintai keterangan saksi guna mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. (rohman)

Tinggalkan Balasan