Tuban Memiliki Ancaman Potensi Gempa

0
Petugas BMKG Tuban ketika memantau kondisi paska gempa Situbondo. (rohman)

halopantura.com Tuban – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mencatat daerah Kabupaten Tuban memiliki ancaman potensi gempa bumi.

“Beberapa wilayah Jatim memiliki potensi gempa, termasuk Tuban sendiri,” ungkap Andrie Wijaya, Kepala Kelompok Observasi dan Teknis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Kamis, (11/10/2018).

Dalam catatan BMKG Tuban, potensi gempa bumi di Tuban maksimal 4,2 Skala Richter (SR). Hal itu ditimbulkan dari gesekan lempengan bumi yang disebabkan Sesar Kendeng dan Sesar Rembang.

“Sesar Kendeng berada di pegunungan kapur utara, dan Sesar Rembang berada di sepanjang perairan utara,” jelasnya.

Selain itu, tercatat pada tanggal 23 Juli 2017 lalu, Bumi Wali Tuban juga pernah diguncang gempa tektonik dua kali. Fenomena ini dampak dari Lindu bermagnitudo 4,2 disusul bermagnitudo 3,2 selang 15 menit kemudian, yang mengguncang daerah Paciran.

Tak hanya itu, di bulan April 2018 kemarin, Tuban kembali ada getaran gempa  berkekuatan 3,3 SR yang berpusat di 42 Km Timur Laut Tuban, Jawa Timur. Getaran gempa itu tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa.

Namun begitu, pihak BMKG Tuban menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap informasi gempa yang belum jelas sumbernya.

“Jangan mudah percaya (informasi gempa,red) ketika sumbernya tidak jelas,” harap Andrie Wijaya.

Pemberitaan sebelumnya, Gempa berkekuatan 6,4 SR yang mengguncang Situbondo, Jawa Timur,  Kamis (11/10/2018) dini hari, juga dirasakan hingga ke wilayah Kabupaten Tuban.

Baca :https://www.halopantura.com/gempa-situbondo-bmkg-getaran-dirasakan-sampai-tuban/

Akibat getaran itu, belum ada laporan dari masyarakat terkait kerusakan. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here