Tuban Perhatikan Pembangunan Taman Pendidikan Al Qur’an

0
Bupati Tuban ketika meninjau salah satu lembaga TPG di Tuban.

halopantura.com Tuban – Bupati Tuban, H. Fathul Huda melakukan peninjauan langsung ke lembaga pendidikan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) calon penerima hibah awal tahun 2019.

Kunjungan itu dilakukan sampai kepelosok desa dan sekaligus silahturahmi kesegenap jajaran pengurus lembaga pendidikan danan sambang desa di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Tuban, Rohman Ubaid menyampaikan Pemkab Tuban akan memfokuskan alokasi anggaran bantuan hibah tempat ibadah pada pembangunan TPQ yang tersebar di 20 Kecamatan. Dengan harapan mampu mencetak generasi masa depan yang berkarakter.

“Selain itu pemkab Tuban juga terus berupaya untuk menanamkan nilai-nilai dasar moral dan akhlak mulia pada anak-anak kita sejak usia dini. Sehingga kedepan akan terbentuk generasi yang berkarakter. Untuk ini perlu di dorong, dimotivasi dan dibantu oleh semua pihak atas berdirinya TPQ di segenap pelosok wilayah se-Kabupaten Tuban,” ungkapnya, Kamis, (19/4/2018).

Hal ini juga selaras dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter utamanya pada pasal 7 (4) bahwa Penguatan nilai-nilai karakter terhadap anak didik salah satunya dilakukan melalui kegiatan keagamaan, salah satunya adalah TPQ. Juga sebagai implementasi dari Perbup No. 5 Tahun 2018 tentang Gerakan Mengaji.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban, Eko Julianto, menjelaskan bahwa hibah pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Hibah bukan dipergunakan untuk operasional lagi sebesar Rp 5 juta, namun bantuan hibah akan diberikan minimal sebesar Rp 25 juta untuk pembangunan TPQ.

Lebih lanjut, Eko mengatakan bahwa jumlah calon TPQ penerima hibah tahun 2019 sejumlah 100 unit lebih yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Tuban. Adapun TPQ penerima program  adalah TPQ yang dalam proses membangun yang memiliki Nomor Statistik Pendidikan TPQ dan memiliki siswa  minimal 50 anak, dengan harapan bahwa pembangunan akan dapat diselesaikan pada akhir tahun 2019 nanti. (mus/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here