Tumbuhkan Semangat Menulis, SMK Manbail Futuh Jenu Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar

0
Suasana pembukaan pelatihan Jurnalistik Dasar.

halopantura.com Tuban – Lembaga pendidikan SMK Manbail Futuh Jenu – Tuban menggelar pelatihan dasar jurnalistik selama dua hari. Kegiatan itu diikuti anggota OSIS dan perwakilan siswa dari kelas X sampai XI, dilaksanakan di lantai dua sekolah setempat, mulai Sabtu (3/2/2018) sampai Minggu (4/2/2018).

Pelatihan dalam rangka menumbuhkan semangat menulis dikalangan pelajar tersebut menghadirkan dua pemateri. Diantaranya M. Abdul Rohman dan Arief Wibowo dari media online halopantura.com.

Para peserta mendaptakan beberapa materi seperti dasar-dasar junalistik, teknik reportase dan wawancara, penulisan features, fotografi, dan beberapa materi lainnya.

Selain itu, para peserta juga diajak praktek menulis dan melakukan wawancara seperti menjadi layaknya seorang wartawan. Sehingga membuat suasana pelatihan mengasikan, dan para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai.

“Kita sangat senang dengan pelatihan ini, mulai dari awal sampai akhir materinya menarik,” ungkap salah satu peserta disela-sela acara.

Sementara itu, Ahmad Rifai, Waka Kesiswaan SMK Manbail Futu Jenu, mengatakan kegiatan ini pertama kali dilaksanakan dengan mengangkat tema “membangun kreatifitas pelajar dalam dunia tulis menulis menuju Tuban cerdasa menulis”. Serta sebagai upaya untuk menumbuhkan semangat menulis di dalam tubuh siswa.

“Kita rencanakan kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan dalam setiap tahun, karena para siswa begitu semangat mengikuti kegiatan ini,” tambah Waka Kesiswaan SMK Manbail Futu Jenu.

Lebih lanjut, Waka Kesiswaan menjelasakan pelatihan ini amat penting dalam rangka memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada siswa tentang ilmu dasar-dasar jurnalistik. Sehingga generasi muda memiliki semangat untuk menulis, dan bagi siswa yang memiliki hobi menulis akan tersalurkan dengan acara ini.

“Banyak sekali manfaat yang didapat dari pelatihan ini, terlebih pelatihan jurnalistik dasar ini sebagai bahan pembelajaran awal untuk mengenalkan kaidah-kaidah dasar jurnalistik,” jelas Ahmad Rifai.

Diharapka pelatihan ini para peserta nantinya sudah bisa membuat Mading yang benar, dan membuat buletin tentang sekolah, terlebih menerbitkan majalah. Selanjutnya kegiatan-kegiatan positif yang ada di sekolah bisa di rilis melalui media dalam upaya untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Tuban.

“Kita sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena skill menulis buat pelajar akan terbangun sejak dini dengan kegiatan seperti ini,” terang M. Abdul Rohman salah satu pemateri. (mus/roh)

Para peserta begitu antusias mengikuti pelatihan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here