Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua di Tuban Bidik Anggota TNI-Polri

0
Ilustrasi. (Reuters via BBC Indonesia)

halopantura.com Tuban – Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Tuban yang diperuntukkan para tenaga kesehatan (nakes) dan pegawai fasilitas pelayanan kesehatan sudah mencapai 91 persen. Dimana, penyuntikan vaksin tahap awal itu ditargetkan selesai pada akhir Februari 2021.

“Ditargetkan selesai pada akhir Februari 2021,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati, Selasa, (16/2/2021).

Ia mengungkapkan jumlah total penerima vaksin Covid-19 jenis Sinovac di tahap 1  mencapai 3.530 penerima. Sampai dengan saat ini proses vaksinasi Covid-19 tahap 1 dosis pertama mencapai 91 persen atau sekitar 2.884 orang.

“Vaksinasi Covid-19 tahap 1 dosis kedua mencapai 446 orang. Vaksinasi tahap 1 dilakukan di 2 RSUD, 33 Pukesmas dan 1 Klinik,” jelas Endah panggilan akrabnya.

Setelah vaksinasi tahap 1 selesai, lanjut Endah Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban segera bergerak cepat mendata calon penerima vaksin Covid-19 tahap 2. Lalu, pada bulan Maret mendatang akan dilakukan penyuntikan dosis pertama untuk tahap 2.

“Proses vaksinasi tahap 2 rencanannya dapat diselesaikan dalam kurun waktu 2 bulan,” terang Endah.

Adapun sasaran vaksinasi tahap 2 adalah profesi pelayanan publik yang kontak dengan banyak orang diantaranya personil TNI, Polri, Satpol PP, Aparatur Sipil Negara, Guru/Dosen, pedagang pasar, petugas objek wisata, dan pers. Nantinya, proses distribusi vaksin tahap 2 akan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.

“Saat ini dilakukan sinkronisasi data antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” terangnya.

Sedangkan masyarakat umum akan masuk pada vaksinasi tahap 3. Dengan begitu, dimana proses vaksinasi di Tuban diharapkan selesai dalam setahun.

“Proses vaksinasi kabupaten Tuban diharapkan dapat diselesaikan dalam kurun waktu 1 tahun,” ujarnya.

Endah Nurul menjelaskan sebagai upaya percepatan, Dinkes Tuban juga akan menambah tenaga vaksinator dengan melibatkan nakes dari rumah sakit dan klinik swasta untuk diberikan pelatihan vaksinasi.

‘Pelibatan nakes dari sektor swasta menjadi mendukung kesuksesan program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tuban,” pungkasnya. (rohman)

Tinggalkan Balasan