Wisata Gus Dur Terima Anugerah Kategori Daya Tarik Wisata Budaya 2017

0
Gapura Masuk Kawasan Makam Gus.

halopantura.com Jombang – Kawasan Wisata Religi Makam KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dinobatkan menjadi yang terbaik pada Anugerah Wisata Jawa Timur (AWJ) tahun 2017 untuk kategori Daya Tarik Wisata Budaya.

Di kawasan wisata yang berada di Kompleks Ponpes Tebuireng, Jombang itu, juga ada makam Pendiri NU sekaligus Kakek Gus Dur, yakni KH. Hasyim Asyari serta makam ayahnya, KH. Wahid Hasyim.

Anugerah Kawasan Wisata Religi Makam Gus Dur tersebut berhasil menyisihkan dua nominasi lain yakni Kampung Wisata Tanoke Jember dan Destinasi Wisata Ngrayudan Ngawi.

Sedangkan untuk kategori Daya Wisata Alam Terbaik 1 adalah CMC (Clungup Mangrove Conservation) Tiga Warna Malang, Pantai sembilan Gili Genting Sumenep dan Mojosemi forest park Magetan. Sedangkan daya Tarik wisata buatan pemenangnya bukit batu flower garden Batu, Saygon waterpark Pasuruan dan Umbul square Madiun.

Plt Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata, Kabupaten Jombang, W.E Tjitrawatie mengungkapkan, AWJ tahun 2017 merupakan program tahunan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dengan tujuan mengembangkan dan meningkatkan potensi pariwisata Jawa Timur.

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Rabu (22/11/2017) mengatakan, jumlah kunjungan peziarah dari tahun ke tahun semakin banyak. Saat ini, setiap hari sudah diatas 3.000 orang peziarah yang datang. Jumlah itu meningkat tiga kali lipat saat akhir pekan, seperti Sabtu dan Minggu.

Oleh sebab itu, Lanjut Bupati Pemkab Jombang terus melakukan pembangunan dan penataan di kawasan tersebut. Misalnya membangun kawasan parkir di sisi barat Makam Gus Dur untuk mengatur tempat parkir. Dulu, katanya, lokasi parkir di tepi jalan raya, sehingga arus lalu lintas menjadi tersendat.

“Terpilihnya Kawasan Wisata Religi Makam Gus Dur sebagai pemenang wisata Jawa Timur tahun ini, tentu akan menjadi pelecut bagi kami untuk terus berbenah sehingga mendongkrak arus wisatawan masuk, sekaligus mendongkrak perekonomian warga sekitar kawasan wisata,” ujar orang nomor satu di Jombang ini. (fin/roh)

Tinggalkan Balasan