DPRD Bangkalan Dorong Pemkab Dampingi Kelompok Nelayan

0
Salah satu perahu nelayan di Desa Banyusangkah, Kecamata Tanjungbumi, Bangkalan. (Shohibul Khoir)

halopantura.com Bangkalan – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan meminta supaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat mendapingi kelompok nelayan yang memperoleh bantuan. Pasalnya, bantuan bagi kelompok nelayan di tahun 2015 kemarin masih ada yang belum terserap secara maksimal.

Hal itu diungkapkan salah satu anggota Komisi B DPRD Bangkalan, M. Husni Syakur, mengatakan, bahwa Pemkab perlu mengambil langkah dan pendampingan buat kelompok nelayan penerima bantuan. Terlebih dalam hal penyaluran bantuan untuk kelengkapan administrasi. Sehingga nantinya tidak ada kesalahan dikemudian hari dan dana terserap secara maksimal.

“Bantuan buat kelompok nelayan pada tahun 2015 belum terserap habis,” terang M. Husni Syakur, Selasa, (23/5/2017).

Menurutnya, Pemkab perlu memetakan kelompok tani yang kurang dalam penyerapan bantuan tersebut. Hal itu untuk memastikan bahwa bantuan tepat kegunaaan dan secara aturan tidak melanggar.

“Kelompok nelayan tidak akan bergerak, jika tidak ada pendampingan secara khusus dari pemerintah. Serta Pemkab juga ikut mendampingi kelengkapan administrasi, sebab tidak mudah dalam mempersiapannya,” jelas M. Husni Syakur.

Lebih lanjut, M. Husni Syakur berharap supaya bantuan yang sudah terbagi dapat di proses sepenuhnya oleh Pemkab dan para nelayan. Selanjutnya, jika dalam prosesnya terjadi kendala, maka Pemkab ikut memberikan solusi.

“Jika ada masalah pada nelayan penerima bantuan, makan Pemkab bisa memberikan arahan, itu untuk kebaikan para nelayan,” terangnya.

Sementara itu, Miski salah satu nelayan, mengaku kurang begitu paham dengan bantuan kelompok nelayan. Serta dia masih menunggu informasi dari pemerintah setempat terkait bantuan tersebut.

“Kami tidak begitu paham dengan bantuan kelompok nelayan, yang kami lakukan menunggu perintah saja,” terangnya (sk/roh)

Tinggalkan Balasan