Pulihkan Ekonomi, SIG Kucurkan Program Pemberdayaan Masyarakat di Ring 1 Perusahaan

0
Siswanto (kanan) bersama FMK ketika meninjau tempat produksi tempe higienis di Desa Temandang, Merakurak, Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban terus berupaya membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi dan mendorong kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa-desa sekitar operasional perusahaan. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk membangkitkan perekonomian masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

Komitmen perusahaan plat merah itu diwujudkan melalui pemberdayaan masyarakat dari program Corporate Social Responsibility (CSR) di tahun 2020 yang telah selesai. Salah satu penerima manfaat dari program itu adalah masyarakat di Desa Temandang, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

“Ini (penyerahan pelaksanaan, red) program CSR di tahun 2020 yang telah selain dijalankan atau sudah selesai. Salah satunya di Desa Temandang,” ungkap Community Development Officer SIG Pabrik Tuban, Siswanto, ketika berada di balai desa setempat, Kamis, (14/1/2021).

Pada tahun 2020, Desa Temandang ini mendapatkan 16 program yang dibiayai dari CSR Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban yang diberikan melalui Forum Masyarakat Kokoh (FMK) desa setempat.

Sebanyak 16 program itu meliputi pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari pemberdayaan FMK, budidaya kebun jeruk, ternak kambing, budidaya lele, usaha ayam petelur, produksi tempe higienis, dan penggemukan kambing.

Kemudian ada peningkatan kapasitas meliputi program pengembangan sekolah sepak bola, pembinaan kegiatan voli. Untuk jenis Infrastruktur berupa bantuan rehab rumah tak layak huni (RTLH), bantuan sarana prasarana, pengadaan mebelier di TK Kartini.

Lalu untuk karitatif ada program peringatan PHBN 75 dan PHBI. Total 16 program itu, Desa Temandang mendapatkan dana Rp 275.000.000 di tahun 2020.

“Tujuannya pemberdayaan masyarakat agar membantu pemerintah dalam rangka recovery (pemulihan) ekonomi masyarakat dan  meringankan beban akibat dampak Covid-19,” tambah Siswanto.

Ia berharap Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) atau penerima manfaat benar-benar bisa mengemban amanah yang telah diterimanya. Kemudian, perangkat desa dan pendamping program untuk bisa memonitor program tersebut agar bisa berkelanjutan serta program pemberdayaan masyarakat benar-benar berhasil.

“Keberhasilan itu bisa dicapai dengan monitoring bersamaan- sama, memberikan pengarahan bersama-sama. Sehingga program pemberdayaan masyarakat benar-benar berhasil,” harapnya.

Sementara itu, penerimaan manfaat dari program itu mengaku bersyukur dengan bantuan dari Semen Indonesia tersebut. Sebab, bantuan yang diwujudkan beberapa program itu membantu masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 ini dan berharap kedepannya pemberdayaan bisa ditingkatkan serta maju.

“Harapan kedepannya untuk pemberdayaannya lebih maju lagi,” tegas Darmuji, Koordinator FMK Desa Temandang, Kecamatan Merakurak, Tuban. (rohman)

Tinggalkan Balasan