Satpam Nekat Curi Uang Rp 18 Juta di Tempat Kerjanya

0
Ilustrasi. (Ist)

halopantura.com Sidoarjo – Seorang Satpam PT. Kerta Rajasa Raya, Tropodo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, nekat mencuri uang ditempat kerjanya. Akibatnya, kini Dwi Reza (32) warga Kecamatan Sedati meringkuk di sel tahanan.

“Uang senilai Rp 18 juta raib, dan yang mengetahui pertama kali seorang cleaning service,” ujar Kapolsek Waru Polresta Sidoarjo, Kompol Saibani, Rabu (7/8/2019).

Setelah ada laporan dari pihak perusahaan, petugas langsung meluncur ke lokasi dan melakukan olah TKP. Kemudian, meminta keterangan sejumlah saksi yang ada saat itu.

Didapati keterangan, bahwa pada saat kejadian itu, tidak ada yang bekerja. Namun, hanya ada empat orang satpam yang bertugas. Lalu, keempat satpam tersebut dipanggil oleh polisi untuk dimintai keterangannya.

“Keempatnya kami panggil, dan satu diantaranya bernama Dwi Reza datang terlambat. Dari situ, petugas sudah curiga,” terangnya.

Atas kecurigaan petugas, lanjut Saibani, petugas melakukan penyelidikan lebih dalam. Kecurigaan petugas ternyata benar, Dwi Reza telah melakukan pencurian tersebut saat tugas.

Dihadapan petugas, satpam yang diketahui sudah bekerja selama lima tahun itu mengakui perbuatannya. Waktu itu, bersama tiga temannya yang sedang bertugas shift malam.

“Saat melakukan pengecekan sendirian di dalam kantor, tersangka melihat brangkas dalam keadaan terbuka,” jelasnya.

Karena brankas dalam keadaan terbuka, dan terlihat ada tumpukan uang. Akhirnya, timbul niat jahat tersangka untuk mengambilnya. Uang sebesar Rp 18 juta, berhasil diambil dengan mudah.

Kemudian oleh tersangka, uang tersebut dibelanjakan sebuah handphone seharga Rp 3 juta, serta untuk membayar hutang sebesar Rp 1 juta. Sedangkan sisa uangnya, oleh petugas dijadikan barang bukti.

“Atas perbuatannya, tersangka kami jerat dengan pasal 362 KUHP. Dengan ancaman hukuman, 5 tahun penjara,” tutupnya. (yan/fin/roh)

Tinggalkan Balasan